yingluckBangkok, LiputanIslam.com — Militer Thailand menahan mantan PM Yingluck Shinawatra bersama beberapa anggota keluarganya, Jumat (23/5) petang.

Yingluck yang bersama seluruh pemimpin politik mendapat perintah oleh militer untuk melapor, dikabarkan datang ke pangkalan militer di Bangkok bersama anggota keluarganya, Jumat siang. Namun hingga petang hari ia tidak juga keluar hingga muncul kabar tentang penahanannya. Keberadaan Yingluck hingga kini belum diketahui.

Sebelumnya militer juga telah menahan 25 politisi Thailand, termasuk pemimpin demonstran anti-Yingluck, Suthep. Militer juga telah mengeluarkan larangan bepergian terhadap 150 tokoh politik Thailand.

Amerika Serikat dan negara-negara lain telah mengkritik kudeta militer, yang terbaru dalam daftar panjang 16 kali kudeta militer di Thailand, dan menyerukan pemulihan cepat dari demokrasi .

Yingluck, yang pemerintahannya berkuasa saat kerusuhan dimulai pada bulan November, telah dipecat dari jabatannya oleh Mahkamah Konstitusi awal Mei lalu karena dianggap telah melakukan tindakan penyalahgunaan kekuasaan.

Pemanggilan kepada Yingluck diberikan para hari Kamis setelah Militer mengumumkan kondisi darurat militer. Bersama Yingluck, 3 anggota keluarganya juga dipanggil untuk melapor ke pangkalan militer di Bangkok.

Panggilan juga diberikan kepada lebih dari 100 tokoh politik lain dari pihak-pihak yang saling bersaing. Mereka yang tidak melaporkan, diancam akan ditangkap .

Para pejabat militer tidak memberikan banyak penjelasan tentang alasan pemanggilan. Mereka hanya menyebutkan hal itu diperlukan “untuk menjamin kelancaran pemulihan perdamaian dan ketertiban.”

Pemimpin militer Jenderal Prayuth Chanocha, hari Kamis menyatakan mengambil kekuasaan dan bertindak sebagai Perdana Menteri sampai digelarnya pemilu mendatang yang masih belum jelas waktunya.

Bagaimana pemerintah akan beroperasi masih belum jelas mengingat bahwa sejak perubahan konstitusi tahun 2007 militer dilarang terlibat dalam kegiatan politik.(CA/CNN)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL