moslem kubaHavana, LiputanIslam.com — Satu yayasan Turki yang bergerak di bidang keagamaan, Türkiye Diyanet Vakfı (TDV), mengirim delegasi mereka ke Kuba untuk membahas pembangunan masjid di ibu kota Havana.

Asisten Manajer TDV, Mustafa Tutkun mengatakan, lembaganya telah meminta izin kepada Departemen Urusan Agama Kuba untuk memulai proyek pendirian tempat ibadah umat Muslim tersebut. Menurut rencana, masjid ini akan dibangun di atas sebidang tanah di Distrik Kota Tua Havana.

“Desain bangunannya nanti akan mengikuti rancangan Masjid Ortakoy yang terkenal di Istanbul,” ujar Tutkun seperti dikutip dari World Bulletin, Selasa (15/4).

Dia menambahkan, masjid baru ini didirikan untuk melayani 3.500 umat Muslim yang ada di Havana. Berdasarkan perkiraannya, pembangunan masjid ini bakal rampung dalam waktu satu tahun ke depan.

Tutkun berpendapat, desain Masjid Ortakoy sangat cocok diterapkan untuk masjid baru tersebut. “Ini dikarenakan tampilan Masjid Ortakoy yang serasi dengan arsitektur bangunan-bangunan lain yang terdapat di sekitar Havana,” ujarnya.

Rencana pembangunan masjid di Kuba kali ini merupakan bagian dari program TDV dalam menyediakan tempat ibadah bagi umat Islam yang tinggal di kawasan Karibia. Sebuah proyek serupa yang dijalankan lembaga tersebut di Haiti, dijadwalkan akan selesai pada akhir tahun ini.(ca/republika.co.id)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*