Jaff03.JPGNew York, liputanislam.com — Sekelompok tokoh yahudi Amerika yang menentang zionisme mengirim surat terbuka berisi kecaman kepada Walikota New York atas pernyataannya yang mendukung organisasi lobi yahudi berpengaruh, AIPAC.

“Tugas Anda bukanlah menuruti kemauan AIPAC,” demikian bunyi sebagian surat terbuka yang ditandatangani 58 tokoh yahudi anti-zionisme tersebut.

“AIPAC berbicara untuk kepentingan pemerintahan garis keras Israel dan pendukung-pendukungnya, juga untuk kepentingan mereka sendiri. Ia (AIPAC) tidak berbicara untuk kepentingan kita,” tambah surat tersebut.

Penandatangan surat tersebut di antaranya adalah pemuka agama yahudi, akademisi, aktifis dan sebagainya. Surat dikirimkan kepada Walikota New York pada hari Rabu (29/1).

Minggu lalu walikota New York yang baru terpilih, de Blasio, dalam pidatonya di hadapan para anggota AIPAC mengatakan bahwa sebagian tugasnya adalah membela Israel. Ia menyebutkan bahwa dukungan kuat terhadap Israel merupakan “elemen penting sebagai warga Amerika karena tidak ada sekutu yang lebih besar di bumi dari Israel”. Lebih jauh  de Blasio mengatakan bahwa menjadi sekutu Israel adalah “sesuatu yang membanggakan”.

Dalam pidatonya de Blasio menjanjikan “kantor walikota akan selalu terbuka bagi AIPAC” dan “jika Anda menginginkan saya berdiri bersama Anda di Washington atau manapun, saya akan menjawab panggilan itu dan akan menjawabnya dengan senang hati karena itulah tugas saya.”

De Blasio menggantikan pengusaha pro-Israel Michael Bloomberg tahun lalu. Kemenangannya sempat menimbulkan harapan di kalangan yahudi anti-zionis Amerika bahwa dirinya akan menjauhkan diri dari pengaruh Israel. Namun harapan itu hanya membuahkan kekecewaan.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL