foto: Al-Akhbar

foto: Al-Akhbar

Damaskus, LiputanIslam.com —  World Food Program (WFP) akan melanjutkan bantuan pangan untuk pengungsi Suriah di negara-negara tetangga, sebagai tindak lanjut atas kampanye pengumpulan dana untuk voucher makanan.

Sebagaimana dilaporkan harian al-akhbar.com, 10 Desember 2014, sekitar 1,7 juta pengungsi Suriah, yang kini berada di Yordania, Turki, Lebanon, Irak dan Mesir, akan memiliki voucher makanan elektronik pada pertengahan Desember, sehingga mereka dapat membeli makanan di toko-toko lokal.

“Pengungsi merasa gembira setelah pemberitahuan ini,” ujar Abeer Etefa, juru bicara WFP kepada Reuters.

Saat ini, kawasan konflik tersebut tengah menghadapi musim dingin. Namun dengan voucher makanan ini, diharapkan para pengungsi tetap bisa memperoleh makanan untuk keluarganya. Meski demikian, ada kekhawatiran jika dana tersebut akan habis pada bulan Januari 2015.

Dalam penggalangan dana tersebut, WFP telah mengumpulkan 80 juta dollar dari seluruh dunia berkat kampanye media sosial.

“Dukungan luar biasa seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya,” ujar Direktur Eksekutif WFP, Ertharin Cousin.

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah merogoh kantong mereka sendiri untuk membantu pengungsi Suriah yang telah kehilangan segalanya,” tambah Cousin.

Laporan PBB pada pertengahan November lalu menyebutkan, sekitar 13,6 juta orang, atau setara dengan penduduk London, telah kehilangan tempat tinggal akibat konflik di Suriah dan Irak. Naasnya lagi, mereka juga tidak memiliki makanan maupun tempat berlindung selama musim dingin. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL