rouhani davosWashington, liputanislam.com — Kesuksesan diplomatik Iran tak luput dari perhatian para jurnalis Amerika. Terkait kehadiran presiden Iran di Davos, Washington Post dengan nada jengkel menulis:

“Kebijakan-kebijakan politik pemerintahan Obama terhadap Iran benar-benar dipermalukan oleh kehadiran Rouhani di Davos. Saat Obama sesumbar bahwa Iran terkucil, justru Rouhani tersenyum lebar saat menemui para pemimpin dunia di Davos. Ia juga sukses membuat kesepakatan dengan korporasi-korporasi asing. Kesepakatan-kesepakatan tersebut memberi nyawa baru kepada ekonomi Iran. Boikot-boikot telah dicabut dan para usahawan berbondong-bondong menuju ke Teheran.

“Emanuele Ottolenghi dan Mark Dubowitz, dari Foundation for Defense of Democracies, mengatakan, dampak dicabutnya boikot ternyata melebihi pernyataan pemerintahan Obama. Tak heran, Obama langsung mengutus sejumlah staf ke berbagai negara untuk membawa pesan kepada para politisi dan komunitas perniagaan. Dia berpesan, sementara ini, jangan sampai siapa pun pergi ke Teheran untuk menanam investasi. Cara untuk mencegah terjadinya hal ini, adalah tetap memberlakukan boikot, atau mengesahkan boikot-boikot yang akan diberlakukan jika kesepatakan final tak tercapai.”

Di akhir tulisan, Washington Post menulis:” Kini, presiden Iran jadi bintang dalam pertemuan Davos. Menurut kami, dia sama sekali tak terkucil, tapi justru ‘menang telak.’” (ABNA)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL