Damaskus, LiputanIslam.com –Warga di jalan-jalan ibukota Damaskus mengecam keras serangan AS di pangkalan udara Suriah, dengan menyebutnya “agresi” melawan seluruh bangsa.

“Ini adalah sebuah kejahatan perang, karena para tentara Suriah adalah bagian dari negara kami, dan kami tidak akan menerima serangan ini  sama sekali,” kata seorang warga Damaskus kepada kantor berita RT, pada  Jumat (07/04/17).

“Sebagai warga Suriah, kami tahu bahwa kami menjadi target  konspirasi melawan kami. Setiap kali kami bergerak maju untuk stabilitas negara, mereka menyerang  atau mengirim teroris kepada kami … Tapi kami tidak akan takut dengan siapapun karena kami adalah pemilik tanah ini,” kata warga lain.  ”Kami mengutuk tindakan kriminal ini, yang dilakukan oleh suatu negara yang mengklaim diri sebagai pelindung hak asasi manusia.”

Pada Jumat pagi, pada jam 04:40 waktu setempat, total 59 rudal Tomahawk ditembakkan dari kapal Angkatan Laut AS di Mediterania Timur ke pangkalan udara Suriah. Serangan ini dilakukan berdasarkan instruksi Presiden Donald Trump sebagai respon dari dugaan serangan senjata kimia yang diklaim AS dilakukan oleh pemerintah Suriah.

“Jika Anda [Amerika] ingin mencari kebenaran [tentang dugaan senjata kimia], itu hanyalah sebuah dalih  untuk menyerang negara kami, seperti halnya yang mereka lakukan di Irak. Menurut saya, itu adalah perbuatan yang salah dan kita harus melawan,”  kata seorang warga Damaskus.

“Tujuan dari serangan ini adalah untuk melemahkan perlawanan Suriah dan menghilangkan kesempatan kami dalam memenangkan perang. Tetapi bahkan jika seluruh dunia melawan kami, kami akan terus [berjuang] dan kami akan menang bersama presiden kami,” tegas mereka.

Gubernur kota Homs, Talal al-Barazi, dalam wawancara dengan RT Arab menyatakan bahwa setidaknya ada 14 orang termasuk 9 warga sipil meninggal dunia dalam serangan tersebut.  Beberapa lainnya terluka  dan sebagian besar korban merupakan penduduk sipil. (Ay)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL