GUY_SCOTT1Lusaka, LiputanIslam.com — Wapres Zambia Guy Scott ditunjuk sebagai pejabat pelaksana presiden menyusul meninggalnya Presiden Michael Sata di London. Ia menjadi presiden pertama Afrika yang berkulit putih, meski hanya sementara hingga pemilihan presiden yang akan diselenggarakan dalam 90 hari ke depan.

Penunjukan Scott itu diumumkan oleh Menteri Pertahanan Edgar Lungu, Rabu (29/10). Demikian laporan BBC News. Ia menggantikan Michael Sata (77 tahun) yang meninggal saat dirawat di rumah sakit King Edward VII, London, Selasa (28/10) malam.

Guy Scott menjadi presiden kulit pertama di benua Afrika setelah FW de Klerk menjadi presiden Afrika Selatan tahun 1989-1994.

Ia sering menjadi pengganti presiden saat presiden berhalangan dalam acara-acara resmi di dalam negeri, namun tidak pernah ditunjuk sebagai pejabat presiden saat Presiden Sata berkunjung ke luar negeri. Demikian pula saat Presiden Sata berada di Inggris menjalani perawatan. Jabatan itu selalu diberikan kepada Menhan Edgar Lungu.

Sebagai warga keturunan kulit putih yang orang tuanya tidak lahir di Zambia, ia menghadapi kendala konstitusi untuk menjadi Presiden Zambia.

Lahir di Rhodesia Utara tahun 1944 dari seorang ayah yang bermigrasi dari Glasgow Skotlandia menjadi dokter dinas kereta api Afrika Selatan. Kuliah di fakultas ekonomi Cambridge ia masuk ke dunia politik tahun 1990 dan bergabung dengan partai MMD yang memenangkan pemilu multi partai pertama tahun 1991 dan mengantarkannya menjadi menteri pertanian.

Tahun 2001 ia bergabung dengan partai Patriotic Front yang dipimpin Sata dan diangkat menjadi Wapres mendampingi Sata, setelah Patriotic Front memenangkan pemilu tahun 2011.

Segera setelah ditunjuk sebagai pejabat presiden, Scott pun mengumumkan hari berkabung nasional atas meninggalnya Presiden Sata.

“Masa berkabung nasional dimulai hari ini. Kita akan merindukan presiden dan sahabat kita yang tercinta (Sata),” kata Scott dalam pidatonya sebagaimana dikutip Reuters.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL