japan anti us baseTokyo, LiputanIslam.com — Ratusan warga Jepang menggelar aksi demonstrasi menentang pembangunan pangkalan militer baru AS di Henoko Bay, Okinawa. Demikian laporan Press TV, Minggu (21/9).

Dalam aksi tersebut para demonstran menduduki jalanan kota Tokyo sembari membawa plakard bertuliskan “Hancurkan pangkalan-pangkalan militer AS” dan “Tolak Aliansi Militer Jepang-AS”.

Para demonstran menuduh Perdana Menteri Shinzo Abe tengah berusaha me-remiliterisasi Jepang dengan mengorbankan warga Okinawa. Mereka juga mengecam pemerintah yang tidak menghiraukan keberatan warga yang menolak pembangunan pangkalan militer baru AS.

“Saya bergabung dengan aksi ini dengan tekad kuat. Saya tidak akan pernah membiarkan pangkalan militer itu dibangun. Kita harus menghentikan pemerintahan Abe,” kata seorang peserta aksi kepada Press TV.

Pada tahun 1996 pemerintah AS dan Jepang sepakat untuk merelokasi pangkalan udara Futenma di dekat kota Ginowan yang padat ke kota kecil berpenduduk 60.000 jiwa, Nago. Namun penolakan warga lokal dan para aktifis lingkungan membuat pembangunan pangkalan baru itu tertunda.

Banyak warga Nago yang menentang pembangunan pangkalan militer AS di dekat kotanya karena dianggap mengancam lingkungan mereka. Berulangkali prajurit-prajurit dari pangkalan militer AS di Okinawa terlibat kejahatan terhadap warga sekitar di Jepang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL