kereta wisata iranBudapest, LiputanIslam.com — Operator kereta api wisata ‘The Golden Eagle Danube Express’ terkejut dengan antusiasme warga Eropa untuk mengunjungi Iran dengan kereta api wisata ‘Jewels of Persia’.

Golden Eagle Danube Express (GEDE) adalah operator kereta api swasta Eropa pertama yang mendapatkan ijin untuk mengoperasikan kereta api ke Iran. Adapun kereta api ‘Jewel of Persia’ yang dioperasikan perusahaan itu melayani rute dari kota Budapest, Hungaria, menuju ibukota Iran, Teheran.

Rangkaian kereta api mewah ketiga yang membawa para turis Eropa serta turis lain yang berasal dari Amerika dan Asia, telah memulai perjalannya dari Budapest dan bergerak menuju Iran. Demikian keterangan GEDE, Kamis (9/4), seperti dilansir Press TV.

Menurut pejabat GEDE Hassan Mousavi, hari Kamis siang kereta api tersebut telah melintasi pos perlintasan Razai, Turki. Selanjutnya mereka akan mengunjungi kota-kota Tabriz, Zanjan, Yazd, Isfahan, Shiraz dan Tehran. Mereka kembali ke Budapest dengan pesawat.

Sementara itu rombongan kedua akan menjalani rute sebaliknya. Mereka diterbangkan ke Teheran, kemudian dengan kereta api mereka mengunjungi kota-kota tersebut di atas, sebelum kembali ke Budapest dengan melalui negara-negara Turki, Bulgaria dan Romania.

Tur wisata ‘The Jewels of Persia’ merupakan bagian dari rencana Iran mengembangkan pariwisatanya. Sistem operasional maupun kereta api yang digunakan meniru model kereta api legendaris abad 19 ‘Orient Express’. Para penumpang mendapatkan sajian makanan ala Iran dan makanan asing lain.

Iran adalah salah satu negara yang memiliki tempat-tempat tujuan wisata sejarah yang menarik. UNESCO menetapkan 16 tujuan wisata di Iran sebagai warisan dunia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL