blokir kapal israelOakland, LiputanIslam.com — Warga California, AS, memblokir kapal kargo Israel yang hendak membongkar barang di pelabuhan Oakland, Minggu petang (17/8).

Seperti dilaporkan Russia Today, Selasa (19/8), warga berkumpul di pelabuhan Oakland untuk mencegah kapal Israel yang dioperasikan perusahaan pelayaran Zim Shipping Services Ltd, melakukan kegiatan pembongkaran di pelabuhan itu. Sementara para pekerja bongkar muat pelabuhan tidak melakukan reaksi atas pemblokiran yang dilakukan warga, meski karenanya mereka tidak mendapatkan upah.

Organiser aksi tersebut, Lara Kiswani menghargai para pekerja pelabuhan yang tidak melakukan tindakan perlawanan atas aksi warga tersebut.

“Mereka menghargai kami dan tidak menerobos masuk,” kata Kiswani tentang tindakan para pekerja pelabuhan.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza yang mengalami penderitaan akibat serangan Isreal. Lebih dari 2.000 warga Palestina tewas akibat aksi biadab Israel tersebut.

Aksi tersebut diorganisir melalui akun media sosial Twitter #BlockTheBoat, dengan slogan-slogan seperti  “Gaza will be free” dan “Boycott. Divest. Sanction. End Israeli Apartheid.” Mengikuti seruan itu, sejumlah warga pun berkumpul di beberapa pintu masuk ke pelabuhan.

Polisi pun tidak melakukan tindakan terhadap warga yang melakukan aksi.

“Mereka mungkin akan membongkar barang besok pagi, mungkin juga tidak. Tujuan kami adalah membentuk sebuah gerakan disini. Tujuan kita dalam jangka panjang adalah membujuk para pekerja untuk mendukung kami dengan tidak membongkar kapal itu, dan mengambil sikap untuk melawan apartheid Israel,” kata Kiswani.

Zim adalah salah satu perusahaan kapal kontainer terbesar di dunia. Mayoritas saham perusahaan ini dimiliki oleh Israel. Perusahaan ini juga didirikan oleh pemerintah Israel tahun 1960-an.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL