wapres siera leoneFreetown, LiputanIslam.com — Wapres Siera Leone Samuel Sam-Sumana, mencari suaka politik di Kedutaan Besar AS di negara itu, Sabtu (14/3), setelah aparat keamanan melucuti senjata para pengawalnya.

Para saksi mata menyebutkan sejumlah besar tentara memasuki rumah pribadi Sumana, namun tidak menemukannya. Tentara-tentara itu kemudian pergi kembali dengan membawa sejumlah besar dokumen.

“Wapres kini bersembunyi di suatu tempat yang aman sambil menunggu jawaban atas permintaan suaka yang ia sampaikan melalui telepon ke kedubes AS, bagi dirinya dan istrinya,” kata sebuah sumber yang dekat dengan Wapres Sumana, seperti dilansir Press TV, Minggu (15/3).

Sementara itu partai penguasa All People’s Congress (APC) membantah berbagai laporan yang menyebutkan nyawa Wapres Sumana tengah dalam bahaya. Namun APC membenarkan telah mendapatkan informasi tentang permintaan suaka itu, dengan alasan keamanan Wapres terancam setelah rumahnya dijarah.

Pada tanggal 6 Maret lalu APC memecat Sam-Sumana (52 tahun) setelah dianggap telah menjalankan kegiatan-kegiatan anti-partai, termasuk memicu kerusuhan di kota Kono, sembari berusaha membentuk partai baru di luar APC.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*