jalur ganda kaBojonegoro, LiputanIslam.com — Wakil Presiden Boediono pada hari Kamis (24/4) menyatakan bahwa pekerjaan proyek rel kereta jalur ganda Jakarta-Surabaya hampir selesai. Menurut Boediono, manfaat infrastruktur jalur ganda kereta api di Pulau Jawa ini dapat meningkatkan kapasitas angkutan penumpang dan barang.

“Nampaknya ada beberapa titik yang perlu ditangani dengan baik. Tapi, intinya dalam waktu sangat dekat kami bisa menghubungkan Jakarta-Surabaya dengan rel ganda kereta ini,” ujar Boediono saat jumpa pers di kereta api dalam perjalanan menuju Bojonegoro, Jawa Timur.

Menurut catatan Kementerian Perhubungan, pembangunan ekonomi di Jawa menyumbang sekitar 60 persen dari foreign direct investment di Indonesia secara keseluruhan.

Di Jawa, DKI Jakarta secara konstan menyumbang 27 persen dari produk domestik bruto (PDB) Jawa dan 16 persen PDB nasional. Adapun, jalur ganda sepanjang 727 kilometer ini akan menghubungkan Jakarta (21 juta penduduk) dan Surabaya (7 juta penduduk).

Pemerintah menerapkan kebijakan yang bertujuan mengurangi beban jalan. Termasuk diantaranya pembangunan jalur ganda kereta api. Beban itu akan dialihkan dan diseimbangkan dengan moda transportasi kereta api dan pelayaran.

Data Kementerian Perhubungan, keberadaan jalur ganda ini diperkirakan dapat meningkatkan frekuensi kereta api sebesar 200 persen hingga 300 persen.(ca/vivanews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*