mtq baramBatam, LiputanIslam.com — Wakil Presiden Boediono menutup pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional XXV di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (13/6) petang.

Acara yang berlangsung sejak tanggal 6 Juni itu melahirkan Kepulauan Riau (Kepri) sebagai juara umum setelah mengumpulkan poin tertinggi dibanding provinsi lainnya.

Wakil Presiden dalam sambutannya mengatakan MTQ memiliki nilai silaturahim yang tinggi. Ia berharap suasana persahabatan yang tercipta antara para khafilah dapat terus hidup dan berkembang. MTQ, kata Wakil Presiden, menjadi wahana menumbuhkembangkan ukhuwah Islamiah dan ukhuwah batiniah. Wapres juga mengingatkan pentingnya membangun generasi bangsa yang berkualitas dan memahami nilai-nilai Al Quran.

Di tempat yang sama, Menteri Agama Lukman Hakim menilai pelaksanaan MTQ Nasional di Batam berlangsung lancar, aman dan sukses. Ia mengatakan MTQ merupakan wujud kebersamaan dari seluruh elemen, termasuk warga Batam yang menjadi tuan rumah yang baik. MTQ, tidak sekedar perlombaan mencari juara dan pemenang. Namun menurut Menteri, nilai terpenting dari MTQ adalah syiar agama.

“MTQ bukan sebagai ajang perlombaan semata. Esensinya adalah untuk meningkatkan syiar Islam dan mediasi, agar senantiasa mencintai Al Quran,” kata Menteri.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani mengatakan suksesnya MTQ di Batam, tidak lepas dari bimbingan tiga Menteri Agama, yaitu mantan Menteri Agama Suryadharma Ali, mantan Menteri Agama ad intern Agung Laksono dan Menteri Agama yang baru menjabat Lukman Hakim.

Ia berharap nilai-nilai Al Quran yang disyiarkan sepanjang pelaksanaan MTQ dapat tinggal dan menjadi dasar bagi warga Batam, Kepri dalam menjalankan kehidupan.

Sementara itu delegasi dari Kepulauan Riau berhasil meraih gelar juara umum setelah mengumpulkan poin tertinggi dari 44 cabang lomba putra dan putri yang perebutkan. Kepri mengumpulkan nilai 101, disusul Provinsi Banten dengan 55 poin.

Atas prestasinya, kafilah Kepri mendapatkan Piala Bergilir Presiden yang diserahkan oleh Wakil Presiden Boediono dan diterima oleh Gubernur Kepri Muhammad Sani yang ditemani Wakil Gubernur selaku Ketua LPTQ Kepri Soerya Respationo.

Ketua Dewan Hakim MTQ Nasional XXV Said Agil Al Munawar membacakan 10 besar juara umum MTQ Nasional sebagai berikut:

1. Kepri, 2. Banten, 3. Jawa Barat, 4. Papua Barat, 5. Sumatera Barat, 6. DKI Jakarta, 7. Sumatera Utara dan Jatim, 8. Lampung, 9. Aceh, Riau dan Bengkulu, 10. Sumatera Selatan dan Kalimantan Timur.(ca/ant)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL