Wakil Presidne Amerika, Mike Pence. Sumber: AP

Baghdad,LiputanIslam.com—Wakil Presiden Amerika, Mike Pence, secara tiba-tiba melakukan kunjungan ke Pangkalan Militer Al Asad di Irak. New York Times menyebut kunjungan ini begitu mengagetkan.

Ini adalah kunjungan pertama Pence ke Irak untuk menemui pimpinan kelompok Kurdistan Irak, Nechirvan Barzani, dan memastikan dukungan Amerika terhadap orang-orang Kurdi Irak usai Amerika menarik pasukannya dari Suriah utara.

“Saya atas nama Presiden Trump kembali menegaskan ikatan kuat antara rakyat Amerika Serikat dan orang-orang Kurdi di seluruh kawasan ini,” ucap Pence kepada Barzani di awal pertemuan mereka.

Sebelum bertemu Barzani, Pence telah melakukan kontak telepon dengan Perdana Menteri Irak, Adel Abdul Mahdi. Namun, tidak ada pertemua yang dijadwalkan antara kedua tokoh penting ini.

“Tidak ada pertemuan, karena mereka telah berbicara di telepon,” ucap salah satu sumber kepada AFP.

Baca: Demo Anti AS dan Sekutunya Kembali Digelar oleh Jutaan Rakyat Iran

Kunjungan Pence ke Irak bertepatan dengan berlangsungnya aksi demonstrasi besar-besaran di Irak. Banyak pihak menilai adanya keterlibatan Amerika dan Israel dalam aksi yang berujung pada kekacauan itu.

Qais al-Khazali, salah satu pimpinan kelompok yang terafiliasi dengan Hasd al-Sha’abi menyebut aksi massa di Irak telah ditunggangi oleh pihak ketiga yang didominasi oleh Amerika dan Israel. (fd/Presstv/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*