wapres argentinaBuenos Aires, LiputanIslam.com — Wapres Argentina Amado Boudou resmi ditetapkan sebagai tersangka karus korupsi. Ia didakwa menyalahgunakan kekuasaannya saat menjadi menteri ekonomi.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Sabtu (28/6), sebagai menteri ekonomi, Boudou menggunakan pengaruhnya untuk mendapatkan kontrak pencetakan uang bagi perusahaan miliknya.

Sebelumnya di bulan ini, ia telah dimintai keterangan selama 7 jam oleh seorang hakim dalam sebuah sidang tertutup. Jika terbukti, Boudou terancam hukuman penjara selama 6 tahun. Ia telah membantah tuduhan-tuduhan tersebut dan menolak mengundurkan diri.

Hakim menetapkan bahwa ia masih tetap menduduki jabatannya hingga sidang yang menetapkan bersalah tidaknya ia. Lima terdakwa lain juga telah ditetapkan dalam kasus tersebut.

Kasus ini melibatkan perusahaan percetakan Ciccone Calcografica yang telah menjadi obyek penyelidikan aparat penegak hukum selama 3 tahun lebih. Boudou diduga telah menggunakan seseorang sebagai tangan kanannya saat membeli perusahaan ini ketika dilanda kebangkrutan tahun 2010.

Sejak itu peruahaan pun mendapatkan fasilitas pembebasan pajak sehingga dapat melunasi hutang-hutangnya.

Perusahaan ini juga mendapat kontrak untuk kampanye Presiden Cristina Fernandez de Kirchner tahun 2011.

Karena kedekatannya dengan Kircher, Boudou pernah dianggap sebagai calon kuat pengganti Presiden.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL