macan indiaNew Delhi, LiputanIslam.com — Seorang wanita India tewas karena cakaran harimau yang kemudian diketahui telah kehilangan giginya. Ini dianggap sebagai kasus pertama yang pernah diketahui, seekor harimau membunuh manusia dengan cakarnya.

Sebagaimana laporan BBC News, Sabtu (15/11), seorang wanita 34 tahun yang tengah mengumpulkan daun tendu, tewas diserang seekor harimau di hutan Bramhapuri di negara bagian Maharashtra. Namun, bukannya menggigit leher korbannya dan membunuhnya sebagaimana biasanya, harimau itu hanya mencakari tubuh wanita itu.

Mendengar jeritan wanita itu, teman-temannya sesama pengumpul daun tendu (sejenis daun pengganti tembakau) mengusir harimau itu dengan lemparan batu dan teriakan. Namun karena luka-lukanya, wanita itu tewas dalam perjalanan ke rumah sakit.

Cerita lebih lengkap tentang insiden itu dimuat di jurnal “Legal Medicine”, demikian BBC menuliskan.

Harimau itu sendiri ditemukan tewas sehari setelah serangan, di dekat danau 4 km dari lokasi serangan. Cakarnya cocok dengan jejak yang ditinggalkannya di lokasi serangan.

Dalam penyelidikan yang dilakukan terhadap mayat harimau itu ditemukan bahwa harimau itu tidak memiliki gigi yang masih berfungsi. Hal inilah yang menjelaskan mengapa ia menyerang manusia yang secara fisik lebih lemah dan mudah ditangkap dibanding buruannya di hutan. Selain itu, tidak adanya gigi taring mengakibatkan harimau itu membunuh mangsanya dengan cakaran.

India adalah negara yang paling sering terjadi kasus pembunuhan manusia oleh harimau dan kucing besar lainnya seperti macan tutul. Pada tahun 1911 pemburu profesional Jim Corbett menembak mati seekor harimau Bengali yang tercatat telah membunuh 436 manusia di India, yang dikenal dengan nama “Harimau Betina dari Champawat”. Setahun sebelumnya Corbett juga menembak mati seekor macan tutul yang diketahui telah membunuh lebih dari 400 orang di Provinsi Panar, India.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL