Foto: Tribunnews

Foto: Tribunnews

Jakarta, LiputanIslam.com — Terpilih sebagai wakil rakyat, anggota DPRD ini malah tidur saat pelantikan. Syamsul Maarif, demikian namanya, tertidur lelap beberapa menit saat proses pelantikan 100 anggota DPRD Jawa Tengah periode 2014-2019 mulai berlangsung.

Bukan sekali ini saja para wakil rakyat yang diberikan amanah, terlelap dalam rapat. Berikut ini adalah contoh kasus serupa di tempat lainnya:

DPRD Kabupaten Purbalingga

Rapat Paripurna Penetapan Raperda tentang Perubahan APBD 2013 Kabupaten Purbalingga, sebanyak 12 anggota DPRD mangkir, karena hanya 33 anggota dari 45 wakil rakyat yang mengisi daftar hadir.

Dari laporan Vivanews, kejadian memalukan terjadi saat sidang berlangsung. Entah karena kelelahan atau agenda sidang yang tidak menarik, sejumlah anggota dewan terlelap tidur. Mereka tidak mengindahkan pimpinan sidang yang bersuara keras memimpin rapat.

DPR RI

Dilain kesempatan saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pidato kenegaraan, setidaknya beberapa anggota DPR nampak pulas dalam tidurnya.

Dari laporan Sindonews, 16 Agustus 2012, terlihat juga anggota DPR lain juga tampak mengabaikan pidato SBY dengan cara yang berbeda. Mereka memiliki aktivitas lain, seperti bermain handphone miliknya, berbincang dengan sesama anggota DPR, mengipas-kipas tubuhnya.

Kejadian serupa juga pernah terjadi pada tahun lalu, dalam rapat paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 9 Juli 2013. Saat itu agenda sidang antara lain pengesahan tiga rancangan undang-undang (RUU) bersama pemerintah. Semuanya langsung berkaitan dengan kepentingan rakyat, salah satunya RUU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

Dari laporan Detik.com, anggota DPR dari PDIP, Rendy M Affandy Lamajido, tertidur saat agenda paripurna memasuki agenda ketiga yaitu pengesahan RUU tentang Pencegahan Pemberantasan Pembalakan Liar sekitar pukul 13.00 WIB. Sesekali ia terlihat menopang kepalanya dengan tangan kirinya di atas pegangan kursi sambil tertidur, kemudian berganti lagi menutup wajahnya dengan tangan kanannya. (ph)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL