Yordania Saudi

Sumber foto: http://www.npr.org

Amman, LiputanIslam.com — Selama berbulan-bulan, pemberontak di Suriah dan pendukungnya telah buntu dan tidak berhasil mengubah kondisi medan perang. Kali ini menurut NPR News, aliansi dari Barat dan negara-negara Arab sedang menyusun strategi baru yaitu mendukung pemberontak di kawasan selatan Suriah.

Sepanjang perbatasan utara Yordania, pemberontak Suriah mengatakan bahwa mereka menyatukan barisan yang tercerai-berai atas desakan  intelijen Barat dan Arab di sebuah pusat komando rahasia di ibukota Yordania.

Sumber-sumber pemberontak juga  telah mengkonfirmasi tentang “janji senjata” oleh pendukung mereka , dan disebutkan bahwa tambahan senjata tersebut tujuannya adalah untuk mendukung kelompok yang lebih sekuler di selatan Suriah, agar bisa menekan rezim Assad di sepanjang perbatasan selatan. Arab Saudi secara diam-diam memasok senjata kepada pemberontak.

“Saudi ingin mengubah keseimbangan kekuasaan di dalam wilayah Suriah,” kata Labeeb Kamhawi, seorang analis Yordania. “Karena itu, cara terbaik untuk mencapai hal ini terjadi adalah dengan membuat publik menyadari kehadiran Saudi di dalam wilayah Suriah.”

Sehingga,  Saudi secara terbuka mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Suriah. Di jalan raya Yordania, lebih dari dua lusin truk berada di sisi jalan yang bertuliskan “Kampanye Nasional Saudi – Dukungan untuk Saudara di Suriah.” Sumber di Yordania mengatakan truk ini dipenuhi dengan bantuan kemanusiaan, dan itulah salah satu strategi baru: Saudi mengirim bantuan kemanusiaan ke Suriah di kawasan selatan.

Ini adalah rahasia umum. “Mereka bahkan tidak repot-repot untuk menyembunyikan fakta bahwa mereka mengirim truk-truk besar untuk Suriah,” kata Kamhawi. “Jika Yordania membiarkan masuk bantuan kemanusiaan masuk ke Suriah tanpa koordinasi dengan pemerintah Suriah , maka Suriah akan melihat ini sebagai tindakan agresi,” katanya. (LiputanIslam.com/npr/af)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL