new horizonWashington DC, LiputanIslam.com — Sebuah wahana luar angkasa milik badan antariksa AS NASA tengah mendekati planet Pluto, planet terjauh dalam sistem tatasurya kita yang berjarak 5 miliar kilometer dan membutuhkan waktu 9 tahun untuk mencapainya.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Senin (26/1), wahana berjuluk New Horizon ini masih berjarak 200 juta km dari permukaan planet Pluto, namun gambar yang dikirimkan oleh wahana itu menjadi gambar terdekat yang pernah dibuat manusia. Pada tahun ini diharapkan jaraknya sudah cukup dekat untuk melakukan penyelidikan terhadap permukaan planet Pluto.

“Navigasi optikal adalah salah satu teknik untuk mendekati Planet Pluto dengan tepat,” kata pakar antariksa Mark Holdridge dari Johns Hopkins University’s Applied Physics Laboratory (JHUAPL) di Baltimore, mengomentari perkembangan misi ini.

Saat New Horizons mendekati Pluto benda ini akan bergerak sangat cepat, mencapai 50 ribu km per-detik, maka dibutuhkan teknik yang sangat rumit untuk menempatkannya di orbit Pluto. Direncanakan wahana itu akan berada di orbit Pluto pada ketinggian 13.695 km pada tanggal 14 Juli mendatang.

Saat ini hanya planet Pluto saja yang tidak memiliki wahana buatan manusia yang mengorbit di atasnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*