baksoJakarta, LiputanIslam.com — Pedagang bakso babi yang ditangkap Suku Dinas Peternakan dan Peternakan Jakarta Barat mengakui usahanya bisa menghasilkan keuntungan hingga Rp 30 juta per-bulan.

“Dalam sebulan dia bisa mendapatkan Rp 30 juta dari penjualan bakso daging babi itu,” kata Kepala Sudin Peternakan Jakbar, Eviati kepada media, Selasa (6/5) perihal penangkapan seorang pedagang bakso babi bernama Sutisman.

Polisi menetapkan Sutisman sebagai tersangka pengoplos bakso daging babi. Dia ditangkap setelah Sudin Peternakan dan Perikanan menggerebek lokasi penjualan baksonya sehari-hari. Akibat perbuatannya, dia terancam hukuman 5 tahun penjara sesuai Undang-undang Perlindungan Konsumen.

Eviati mengatakan, pelaku sehari-hari menjual bakso dagangannya itu seharga Rp 10 ribu tiap mangkok. Dalam satu hari, rata-rata omsetnya mencapai Rp 1 juta. Sutisman menggunakan 15 kilogram daging babi untuk dijajakan kepada penikmat bakso atau pedagang bakso lainnya.

Aksi yang dilakukan Sutiman, kata Eviati, terungkap setelah salah seorang pedagang curiga dengan daging yang ditawarkan kepadanya. Pedagang yang tidak disebutkan identitasnya itu curiga karena daging yang dijual cuma Rp 50 ribu per kilogram. Padahal, harga pasaran daging sapi mencapai Rp 110 ribu. Selain itu, aroma yang muncul dari daging yang dijual Sutiman itu pun berbeda dengan daging sapi pada umumnya.

Sudin Perternakan, kata Eviati, menerima laporan tersebut pada 25 April 2014 lalu. Saat diteliti, daging yang dijual oleh pelaku dinyatakan positif sebagai daging babi.

Sutiman diperkirakan sudah menjual bakso babi itu sejak tiga tahun terakhir. Hasilnya pun cukup menjanjikan karena dia berhasil memiliki empat gerobak bakso, dari semula cuma satu gerobak. Untuk mengelabui pembeli dari kalangan pedagang, pelaku juga sengaja menjual daging babi oplosan di dekat tempat pemotongan sapi.

“Dia berjualan dari jam 07.00 sampai 22.00, dan selalu ramai pembeli,” ujar dia.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL