putin cinaShanghai, LiputanIslam.com — Presiden Rusia Vladimir Putin, hari ini (20/5) tiba di Shanghai Cina untuk menghadiri pertemuan “The Conference on Interaction and Confidence Building Measures in Asia (CICA)” ke-4 di Shanghai yang dimulai hari ini.

Menurut laporan kantor berita Xinhua, dalam pertemuan itu Putin dan pemimpin Cina akan mengumumkan sesuatu hal yang “substansial” serta menandatangani beberapa perjanjian bilateral. Putin dan pemimpin Cina juga akan membuka latihan militer bersama kedua negara di Laut Cina.

Pertemuan CICA akan diikuti oleh delegasi dari 40 negara dan organisasi internasional. Selain Putin, Senjen PBB Ban Ki Moon juga turut hadir sebagaimana juga para pemimpin negara-negara Iran, Pakistan, Kazakhstan dan Kamboja. Presiden Cina Xi Jinping direncanakan akan memberikan pidato sambutan bertema keamanan di Asia.

Kunjungan Putin kali ini adalah yang pertama sejak Presiden Xi dilantik bulan Maret 2013.

Dalam wawancara dengan media Cina sebelum kedatangan Putin di Cina, Putin menyebut Cina sebagai “sahabat yang terpercaya” dan “kedua negara telah sampai pada tahap baru hubungan bilateral dan militer”.

“Bukanlah melebih-lebihkan jika saya katakan bahwa hubungan kedua negara saat ini telah sampai pada tingkat tertinggi sepanjang sejarah,” kata Putin.

Cina adalah mitra bisnis terbesar Cina dengan nilai perdagangan kedua negara mencapai $90 miliar tahun lalu. Kedua negara sepakat untuk meningkatkan nilai perdagangan hingga $200 miliar pada akhir dekade ini.

Wartawan BBC John Sudworth menyebutkan bahwa Rusia menginginkan tercapainya perjanjian ekspor energi baru Rusia ke Cina. Namun Cina diperkirakan akan meminta syarat lebih lunak mengingat masalah yang tengah dihadapi Rusia dengan Eropa sebagai pasar utama energi Rusia lainnya.

Baik Rusia maupun Cina kini tengah mengalami masalah dalam hubungan dengan barat. Rusia dalam krisis Ukriana, sementara Cina dalam krisis Laut Cina.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL