perahu cina vietnamHanoi, LiputanIslam.com — Vietnam menuduh Cina telah menenggelamkan satu perahu nelayan Vietnam di dekat wilayah sengketa di Laut Cina Selatan. Kantor berita Iran Press TV melaporkan, Kamis petang (15/10).

Pemerintah Vietnam, hari Kamis menyebutkan bahwa pada tanggal 30 September, sebuah kapal pengawal pantai Cina menabrak sebuah perahu nelayan Vietnam dengan 10 awaknya hingga tenggelam di dekat Kepulauan Paracels, atau dikenal dengan nama Kepulauan Xisha. Baik Cina maupun Vietnam mengklaim sebagai pemilik yang sah gugusan pulau karang ini.

Laporan-laporan menyebutkan bahwa para awak perahu nelayan itu diselamatkan oleh perahu nelayan lainnya dan kasusnya baru dilaporkan kepada otoritas keamanan Vietnam setelah mereka mendarat beberapa hari kemudian.

Dang Dung, kapten kapal malang itu mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa ia dan 9 awak kapal lainnya tengah tertidur setelah melakukan pencarian ikan malam hari, ketika sebuah kapal penjaga pantai Cina menabrak perahu mereka dan kemudian 5 orang awak kapal Cina itu mendarat ke dalam perahu mereka. Orang-orang bersenjata itu kemudian merampas peralatan navigasi penangkap ikan mereka.

Tahun lalu terjadi aksi saling tabrak dan semprot air antara kapal-kapal penjaga pantai Vietnam dan Cina setelah Cina mengirim fasilitas pengeboran minyak di dekat wilayah sengketa tersebut. Aksi ini memicu terjadinya kerusuhan anti-Cina di sejumlah wilayah Vietnam yang menelan  sejumlah pekerja Cina di Vietnam.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL