china rigHanoi, LiputanIslam.com — Vietnam memperingatkan Cina untuk tidak mengebor minyak setelah Beijing memindahkan bor raksasa ke tempat yang menjadi pusat perselisihan maritim antara kedua negara di Laut Cina Selatan.

Langkah ini ditempuh sehari setelah mulainya transisi politik penting di Hanoi ketika kepemimpinan komunnis bertemu dalam kongres lima tahunan.

Cina telah memindahkan bor raksasa HY-981 ke area yang dipersengketakan di landas kontinen antara pantai tengah Vietnam dan Pulau Hainan milik Cina, kata juru bicara kementerian luar negeri Vietnam Le Hai Binh seperti dikutip AFP dan dilansir Antara, Rabu (20/1).

Hanoi terus mengamati pergerakan bor minyak raksasa itu yang telah memicu protes anti-Cina berdarah pada 2014 setelah Cina menaruhnya selama beberapa bulan di perairan yang diklaim Vietnam.

“Vietnam telah meminta Cina untuk tidak melanjutkan aktivitas pengeboran dan menarik bor raksasanya dari wilayah itu,” kata Binh.

Hanoi dan Beijing kerang saling menyerang secara diplomatik seputar gugus pulau dan perairan di Laut Cina Selatan, demikian AFP.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL