Tepi Barat, LiputanIslam.com–Seorang tentara Israel tertangkap kamera tengah menembak gas air mata ke sebuah sekolah Palestina di kota al-Khalil, kawasan pendudukan Tepi Barat, di saat jam belajar.

Video rekaman yang diperoleh kantor berita Israel, Haaretz, pada hari Kamis (6/12) ini memperlihatkan seorang tentara Israel yang melemparkan sebuah kaleng ke halaman sekolah. Kaleng tersebut lalu mengeluarkan gas air mata.

Warga Palestina sebelum ini beberapa kali melaporkan tindakan tentara Israel yang menembakkan gas air mata dan granat ke sekolah-sekolah. Namun, pihak militer Israel selalu menyangkal laporan tersebut.

Pekan lalu, warga Palestina memberitahu LSM anti-pendudukan Israel, Breaking the Silence, tentang berbagai macam pelanggaran yang dilakukan tentara penjajah, termasuk serangan gas air mata ke sekolah-sekolah di al-Khalil.

Meski jubir militer Israel menyanggah tuduhan tersebut, sebuah rekaman video pada 18 November lalu yang memperlihatkan serangan gas di Al-Khalil School for Boys segera membantah klaim resmi Israel itu.

Para guru Palestina juga mengadukan tindakan pasukan Israel melempar tabung gas setiap hari ke sekolah. Menurut Haaretz, seorang petugas sekolah bahkan telah menyimpan sebuah kotak berisi lusinan granat dan tabung gas bekas yang dilemparkan tentara selama beberapa bulan terakhir.

Direktur penelitian untuk Breaking the Silence, Ron Zaidel, mengecam sikap militer Israel atas insiden ini. Ia mengatakan, “ketika ribuan siswa Palestina tercekik gas air mata, [militer Israel] berupaya menyembunyikan kenyataan di lapangan dari publik.”

Zaidel menambahkan, sudah ada ribuan kesaksian yang dikumpulkan oleh organisasinya selama bertahun-tahun yang “dengan jelas menunjukkan bahwa kekerasan terhadap anak-anak adalah bagian tak terhindarkan dari kediktatoran militer yang memerintah penduduk sipil.”(ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*