Aleppo, LiputanIslam.com–Bebas dari kungkungan jihadis, kota Aleppo telah menjadi kota damai yang ikut terkena demam Piala Dunia. Sebuah rekaman dari Ruptly memperlihatkan bagaimana warga Aleppo bersantai di cafe-cafe menikmati drama sepakbola.

Bagi warga Aleppo, luka akibat perang mulai memudar. Rumah-rumah telah dibangun kembali, jalanan penuh dengan penjual kaki lima, situs benteng di kota itu telah dibuka lagi untuk turis.

“Kondisi rakyat lebih baik dari sebelumnya, mereka sudah kembali,” kata salah satu warga kepada Ruptly.

“Rasanya tak bisa dijelaskan,” kata warga Suriah yang lain. “Rasa keamanan di Aleppo. Kami dapat pulang ke rumah jam 2 atau 3 pagi [sekarang]. Dulu, kita harus pulang jam 7 malam ketika mulai gelap, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi,”

Tanda paling menarik yang memperlihatkan Aleppo telah kembali ke kehidupan normal, bahwa adanya pendukung sepak bola yang kini memenuhi cafe-cafe kota. Pada Jumat malam kemarin, para peminat sepak bola Suriah berbondong-bondong ke cafe dan restoran setempat untuk menonton pertandingan Brazil vs Costa Rica. Beberapa memakai jersey dari tim favorit mereka.

“Situasi di Aleppo menjadi lebih indah, warga menonton bersama [pertandingan] dan mereka tidak takut seperti sebelumnya. Semoga kami akan terus berada dalam situasi seperti ini dan bahkan lebih baik,” kata salah satu warga peminat sepak bola.

“Terima kasih Tuhan, Aleppo sangat aman. Saya harap Brazil akan memenangi Piala Dunia,” ujar warga lain.

Tentara Suriah, dengan bantuan dari Rusia, membebaskan Aleppo timur pada Desember 2016, dengan evakuasi penduduk sipil yang masif. Namun, pembangunan dan perbaikan kota ini telah diabaikan oleh media Barat.

Para penduduk Aleppo mengakui bahwa situasi di lapangan sangat berbeda dari apa yang diberitakan media Barat.

“Tentang media Barat, saya pikir mereka tidak adil kepada kami, karena mereka masih memperlihatkan anak-anak tanpa alas kaki di jalanan,” kata salah satu warga.

“Mereka pikir Aleppo masih hancur dan tak berkehidupan…. [Situasi di sini] normal dan tidak ada hal buruk yang terjadi, seperti yang Anda lihat,” imbuhnya kepada Ruptly. (ra/rt)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*