maduro venezuelaCaracas, LiputanIslam.com — Presiden Venezuela Nicolas Maduro memerintahkan pengusiran terhadap 3 pejabat konsuler AS atas tuduhan telah mendukung kelompok oposisi untuk menngacaukan pemerintahan. Perintah pengusiran dilakukan hari Minggu (16/2), seiring dengan ketegangan yang terus meningkat selama demonstrasi anti pemerintah berlangsung di penjuru negeri.

Para diplomat Amerika itu tidak disebutkan identitasnya, namun Maduro mengatakan bahwa mereka telah bertemu dengan para mahasiswa yang terlibat dalam unjuk rasa.

“Mereka adalah sekelompok fungsionaris AS yang berada di universitas-universitas. Kami telah mengawasi mereka  mengadakan pertemuan di universitas-universitas swasta selama dua bulan ini. Mereka pejabat sementara,” ungkap Presiden Maduro.

Maduro juga mengungkapkan ia tidak akan mentolerir ancaman apapun atas kedaulatan Venezuela.

Sementara itu Leopoldo Lopez, pemimpin oposisi yang telah diperintahkan untuk ditahan,  menyerukan kepada para pengunjuk rasa untuk terus melakukan aksi mereka guna meningkatkan tekanan  terhadap Maduro.

Lopez muncul dalam sebuah rekaman video di akun Twitter-nya pada hari Minggu, dimana ia  berjanji akan berbaris bersama para demonstran Selasa nanti di ibukota Caracas, sebelum kemudian menyerahkan diri ke kantor Kejaksaan Negeri. Lopez yang buron dalam beberapa hari terakhir, mengkritik tajam putusan perintah penahanan atas dirinya, dan mengatakan tindakan tersebut ilegal.

Pemerintah Venezuela menuduh pimpinan oposisi ini atas pembunuhan dan terorisme terkait dengan unjuk rasa anti pemerintah beberapa minggu terakhir, yang menewaskan tiga orang dan puluhan lainnya luka-luka.

Bentrokan berdarah antara pendemo dan pasukan keamanan terjadi pada 12 Februari di pusat kota Caracas. Demonstran mengecam ketidak becusan Maduro  menangani ekonomi Venezuela yang ambruk.

Sehari sebelumnya, lima pengunjuk rasa anti pemerintah ditembaki di kota barat Merida, dimana para mahasiswa bentrok dengan polisi dalam beberapa hari terakhir.(lb/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL