Caracas, LiputanIslam.com–Venezuela menawarkan bantuan sejumlah $5 juta bagi korban badai Harvey di Texas dan Lousiana, AS, di tengah panasnya hubungan antara Caracas dan Washington.

Menlu Venezuela Jorge Arreaza mengatakan lewat televisi pada Rabu (30/8/17) bahwa anak perusahaan minyak Venezuela yang berbasis di AS, Citgo, akan bekerjasama dengan pemerintah lokal di Houston, Texas, untuk membagikan bantuan.

“Akan ada bantuan langsung dari Citgo, kontribusi sebesar 5 juta dollar, untuk membantu korban di Houston dan Corpus Christi… Dan kedua, kami berencana mengalokasikan persentase penjualan bensin Citgo untuk konstruksi perumahan dan tempat penampungan,” kata Arreaza.

“Ini adalah bentuk solidaritas Venezuela di luar perbedaan politik, yang harus kami suarakan hari ini atas efek dari fenomena alam yang menghancurkan,” tambahnya.

Pernyataan ini keluar ketika Venezuela sendiri sedang menghadapi resesi untuk tahun keempat.

Sebelumnya, pemerintah sosialis Venezuela sudah pernah mensubsidi minyak untuk rakyat miskin Amerika dan mengirimkan bantuan untuk korban badai Katrina pada 2005 silam.

Sementara hubungan antara negara Amerika Latin ini dengan AS semakin memanas tahun ini ketika pemerintah Washington menjatuhkan sejumlah sanksi terhadap Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Bukan hanya itu, AS juga mengancam akan menyerang Venezuela dengan kekuatan militer penuh demi “menegakkan demokrasi” di negara tersebut. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL