Photo: Miraflores Palace/Handout via Reuters

Caracas, LiputanIslam.com–Presiden Venezuela Nicolas Maduro memerintahkan pasukan militer negaranya untuk turun ke sepanjang perbatasan dengan Kolombia untuk mencegah potensi serangan dari negara tetangga mereka itu.

Maduro menegasrkan bahwa Angkatan Bersenjata Nasional Venezuela akan tetap waspada terhadap segala provokasi yang diluncurkan oleh Presiden Kolombia, Ivan Duque. Presiden Duque telah berulang kali menyerukan perubahan rezim di Venezuela.

Menurut penilaian para pengamat, langkah Maduro ini adalah tanggapan terhadap Presiden Duque yang baru-baru ini menyalahkan Caracas karena dituding mendukung gerakan gerilya Kolombia bernama FARC.

Sejumah pejabat Venezuela menyesali ‘perang saudara’ di Kolombia. Namun, mereka menyalahkan Presiden Duque karena mendukung kebijakan luar negeri AS yang ingin menyeret Venezuela ke dalam konflik internal Kolombia. Mereka menegaskan, strategi Duque untuk mengacaukan pemerintahan Maduro tidak akan berhasil.

Para pengamat percaya bahwa konflik ini dapat memengaruhi kepresidenan Maduro dalam kerangka hukum internasional. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*