sidang sinodaRoma, LiputanIslam.com — Sidang Sinoda Gereja Katholik akhirnya menolak proposal pengakuan terhadap homoseksual yang didukung oleh Paus Francis. Para akfitis homoseksual pun mengecamnya sebagai “sangat mengecewakan”.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, sidang yang berlangsung hari Sabtu (18/10) itu menolak proposal pengakuan terhadap hak-hak homoseksual dan orang yang menikah kembali setelah bercerai. Meski mendapat dukungan lebih dari separoh pejabat uskup yang hadir, namun masih kurang dari 2/3 suara yang dibutuhkan.

Meski demikian, harapan para homoseksual untuk mendapatkan pengakuan dari Gereja Katholik belum pupus, karena paling lambat tahun depan Sidang Sinoda akan kembali digelar dan kemungkinan hasilnya berubah signifikan.

Berbicara kepada pers usai sidang, Paus Francis yang dikenal mendukung pengakuan terhadap homoseksual, mengungkapkan “kekhawatiran dan kesedihannya” atas hasil sidang tersebut. Ia juga mengkritik “sikap permusuhan yang kaku, yang menutup diri pada tekstual dan tidak mengijinkan seseorang tercerahkan oleh Tuhan”.

Pernyataan itu tampak ditujukan kepada mereka yang menolak pengakuan atas homoseksual.

The New Ways Ministry, kelompok pendukung homoseksual di kalangan warga Kaholik AS menyatakan “sangat kecewa” atas hasil tersebut. Namun mereka juga memuji langkah yang telah dilakukan gereja untuk mendiskusikan masalah homoseksual secara terbuka, yang menurutnya adalah sebuah kemajuan.

Kelompok pendukung homoseksual lainnya, DignityUSA, mengatakan, “Sayangnya, hari ini, doktrin menang atas kebutuhan pastoral. Ini mengecewakan, mereka yang menginginkan adanya gereja yang lebih inklusif telah dikalahkan.”(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL