ballotboxesKiev, LiputanIslam.com — Blok Poroshenko, kelompok politik utama pendukung Presiden Petro Poroshenko, berhasil menduduki posisi kedua pemilihan legislatif Ukraina hari Minggu (26/10). Program pertama blok ini dalam masa kerja parlemen mendatang adalah meng-goal-kan undang-undang penghapusan hak-hak istimewa para pejabat Ukraina.

Hal tersebut disampaikan pimpinan Block Poroshenko Yuriy Lutsenko kepada pers, Senin (27/10), sebagaimana dilaporkan RIA Novosti.

Menurut Lutsenko, para anggota parlemen dari Blok Poroshenko telah menyuarakan aspirasinya untuk membatalkan hak-hak istimewa para pejabat negara sebelum pemilihan legislatif dilaksanakan. Mereka pun, kata Lutsenko, siap untuk memberikan suaranya bagi penghapusan hak-hak istimewa itu, termasuk hak-hak yang disandang Presiden Poroshenko sendiri.

Isu tentang hak-hak istimewa ini telah diungkapkan Presien Poroshenko beberapa kali. Pada hari Sabtu (25/10), melalui akun Twitter, ia mengumumkan rencananya untuk membatalkan kekebalan hukum yang dimiliki para anggota parlemen.

Selama ini para anggota parlemen memiliki hak imunitas yang tidak memungkinkan mereka untuk diperiksa, apalagi ditangkap oleh otoritas penyidikan, tanpa ijin dari parlemen sendiri.

Dalam pemilihan legislatif hari Minggu (26/10) kemarin, Blok Poroshenko memperoleh 21.63 % suara, kalah tipis dari Blok People’s Front yang dipimpin Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL