india-transgenders-2010-2-13-16-13-26New Delhi, LiputanIslam.com — Universitas terkemuka India, Delhi University, mengakui transgender sebagai jenis kelamin tersendiri dengan menempatkan kolom baru dalam formulir pendaftarannya.

Pejabat universitas mengatakan akan menerima 9 orang transgender, yaitu bencong dan orang-orang yang mengubah jenis kelaminnya, yang telah mendaftarkan diri ke universitas tersebut. Demikian laporan BBC News mengutip Times of India, Rabu (13/8).

Ini merupakan tindak lanjut dari langkah yang dilakukan Mahkamah Agung India, April lalu, yang mengakui transgender sebagai jenis kelamin tersendiri.

Sebelumnya para mahasiswa transgender harus memilih jenis kelamin pria atau wanita dalam formulir pendaftarannya.

Seorang pejabat universitas mengatakan bahwa kebijakan ini akan dilanjutkan untuk para mahasiswa tingkat “undergraduate” tahun akademik mendatang.

“Kami telah merencanakan untuk memulai pengakuan terhadap transgender untuk tingkat ”

undergraduate” tahun ini, namun tidak memungkinkan karena alasan administratif. Mulai tahun akademik 2015-16 kami akan mulai mengenalkan jenis kelamin ketiga di seluruh formulir pendaftaran dan melakukan kebijakan-kebijakan yang perlu atas pengakuan ini,” kata kepala administrasi Alka Sharma kepada Times of India.

Menurut perkiraan terdapat sekitar 2 juta penduduk transgender di India.

Pada tahun 2009 Komisi Pemilu India melakukan langkah pertama pengakuan terhadap transgender dengan menuliskan pilihan “lain-lain” pada kolom jenis kelamin dalam surat suara.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL