seragam transgender thailandBangkok, LiputanIslam.com — Perguruan tinggi terkemuka Thailand, Universitas Bangkok, mengumumkan telah menyetujui untuk mengenalkan seragam khusus bagi mahasiswa transgender yang dikenal dengan julukan “ladyboys” atau ‘Kathoey’ dalam bahasa lokal.

BBC News melaporkan, Selasa (9/6) bahwa bentuk seragam itu tidak berbeda dengan seragam mahasiswa laki-laki maupun mahasiswa perempuan, namun dengan potongan badan yang berbeda. Para mahasiswa transgender dibebaskan memilih sendiri seragam laki-laki transgender atau perempuan transgender.

Langkah tersebut disambut gembira para aktifis trangsgender Thailand seperti Nok Yollada, Ketua Asosiasi Transgender Thailand. Aktris transgender terkenal juga menyatakan kegembirannya. Ia menyebut hal itu sebagai penghargaan kepada kaum transgender yang membuat mereka lebih dihormati oleh masyarakat.

Selama ini para mahasiswa transgender selalu berpakaian seadanya karena merasa tidak cocok dengan pakaian seragam yang tersedia.

Thailand adalah negara yang ‘akrab’ dengan transgender dimana selama ratusan tahun para transgender menjadi bagian hidup sehari-hari masyarakat setempat. Menganggap transgender sebagai bentuk ‘karma’ manusia di masa lalu, masyarakat menganggap mereka sebagai orang-orang yang harus dikasihani daripada dimusuhi.

Di Thailand pula dilakukan kontes transgender yang terkenal di dunia, yaitu Miss Tiffany, yang diikuti oleh para transgender dari seluruh dunia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL