uni eropa benderaBrussel, LiputanIslam.com — Uni Eropa pada hari Selasa (14/7) mengumumkan perpanjangan suspensi atau penangguhan sanksi Uni Eropa terhadap Iran sampai 14 Januari 2016, menyusul kesepakatan terbaru yang dicapai di Wina tentang program nuklir Iran.

“Ini akan memungkinkan Uni Eropa untuk membuat pengaturan yang diperlukan dan persiapan untuk Rencana Aksi Komprehensif Bersama baru,” kata siaran pers yang dikeluarkan oleh Dewan Eropa, mencatat bahwa tindakan pembatasan disepakati dalam Rencana Aksi Bersama dengan Iran pada 24 November 2013. Demikian laporan Xinhua yang dilansir Antara.

Perjanjian komprehensif tentang isu nuklir Iran tercapai pada Selasa pagi antara Iran dan AS, Inggris, Cina, Prancis, Jerman, dan Rusia setelah perundingan lebih dari dua minggu di Wina.

Teks dari kesepakatan menentukan bidang-bidang utama dari masalah nuklir Iran, termasuk sanksi bantuan dan rencana aksi, kerja sama teknologi nuklir, komite pemantauan pelaksanaan, dan pembatasan kapasitas nuklir Iran, serta rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL