uni eropaBrussels, LiputanIslam.com — Uni Eropa menyesalkan keputusan Saudi Arabia untuk memblokir rencana pidato Menlu Swedia untuk berpidato di pertemuan Liga Arab di Mesir.

“Kami menyesal bahwa Menlu Swedia tidak bisa memberikan pidatonya,” kata Jubir Komisi Eropa Maja Kocijancic, Selasa (10/3) seperti dilansir Press TV.

Kocijancic menambahkan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini, berencana untuk menemui Wallström dan Sekjend Liga Arab Nabil el-Arabi untuk ‘memahami situasi’.

Menlu Swedia Margot Wallström, hari Senin, mengatakan bahwa pidatonya di depan pertemuan Liga Arab di Kairo, Mesir, telah dibatalkan karena sikap kritisnya terhadap kondisi di Saudi Arabia, negara paling berpengaruh Liga Arab. Ia menyebut, pencekalan itu sebagai tindakan yang memalukan.

Liga Arab mengundang Wallstrom untuk berpidato dalam pertemuan tingkat menteri Liga Arab, sebagai penghormatan atas kebijakan pemerintah Swedia yang telah mengakui negara Palestina bulan Oktober 2014.

Wallström hari Selasa mempublikasikan isu pidatonya yang batal tersebut yang tidak terdapat kritikan terhadap Saudi Arabia, kecuali beberapa komentar tentang wanita dan HAM.

Saudi Arabia adalah salah satu negara yang dianggap terbelakang dalam penerapan HAM. Salah satu hal yang menyolok adalah larangan mengemudi bagi para wanita dan larangan wanita keluar rumah tanpa pengawalan.

“Penjalasan yang kami terima adalah bahwa Swedia telah menunjukkan situasi demokrasi dan HAM dan karena itulah mereka tidak menginginkan saya untuk berbicara,” kata Menlu Swedia.

Sebuah sumber yang tidak disebutkan namanya dari Liga Arab menyebutkan bahwa Saudi Arabia-lah yang telah meminta agar pidato Menlu Swedia itu dibatalkan.

Pada bulan Januari lalu Wallström mengkritik Saudi atas kebijakannya yang keras terhadap kalangan oposisi seraya menunjuk pada hukuman cambuk dan penjara terhadap blogger Raif Badawi karena mengkritik faham wahabisme yang dianut kerajaan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*