RUSSIA IRAN NUCLEARUni Eropa mencabut sebagian sanksi ekonomi yang diterapkan terhadap Iran. Keputusan tersebut diumumkan hari Senin lalu (20/1) sebagai implementasi kesepakatan program nuklir Iran antara negara-negara anggota tetap DK PBB plus Jerman (Sextet) dengan Iran beberapa waktu lalu dan setelah melalui verifikasi dari badan atom internasional.

“Sebagai bagian dari implementasi dari “Joint Plan of Action” yang disetujui Iran dan E3/EU+3 (UK, France, Germany plus US, Russia dan China), yang memasuki tahap implementasi hari ini, Dewan (Uni Eropa) mencabut sebagian sanksi yang telah diberikan kepada Iran untuk jangka waktu 6 bulan,” demikian pernyataan pers yang dikeluarkan Uni Eropa hari Senin .

Keputusan tersebut ditetapkan setelah dilakukannya rapat kwartal tahunan para menteri luar negeri anggota Uni Eropa dengan memperhatikan hasil pengamatan badan atom internasional (International Atomic Energy Agency) yang memastikan bahwa Iran telah menghentikan program pengayaan uranium 20%.

Sanksi-sanksi yang dicabut tersebut mencakup sanksi-sanksi yang diterapkan tahun 2012 yang di antaranya meliputi sanksi terhadap pembiayaan dan transportasi perdangan minyak Iran serta perdagangan beberapa komoditi seperti emas, logam mulia dan produk petrokimia. Uni Eropa juga menaikkan plaftorm transaksi keuangan Iran yang tidak terkait dengan sanksi-sanksi yang masih berlaku.

Pada hari yang sama menlu Amerika John Kerry juga menyetujui pencabutan beberapa sanksi yang diberikan Amerika kepada Iran. Baik Amerika dan Uni Eropa juga setuju untuk tidak menerapkan sanksi-sanksi baru selama 6 bulan mendatang. Sebagai balasan atas langkah-langkah tersebut Iran telah menghentikan program pengayaan uranium 20% di rektor nuklir Natanz dan Fordow. Iran juga setuju untuk melenyapkan 196 kg uranium 20% yang telah dimilikinya yang bisa menjadi bahan dasar pembuatan senjata nuklir. Iran juga telah meyakinkan kepada IAEA untuk tidak memindahkan program pengayaan uraniumnya ke lokasi lain selama 6 bulan.

Pada tgl 12 Januari lalu Iran dan Sextet berhasil membuat kesepakatan bersama implementasi dari kesepakatan program nuklir Iran yang dibuat di Genewa tgl 24 November 2013.(CA/BBC)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL