Dubai, LiputanIslam.com—Uni Emirat Arab mengundang Israel untuk berpartisipasi ke dalam acara World Expo 2020, sebuah langkah yang menunjukkan penguatan hubungan antara kedua negara.

Israel sendiri telah mengkonfirmasikan partisipasi mereka di World Expo yang akan digelar di Dubai, UAE, pada tahun 2020 mendatang, seperti dilansir The Times of Israel. Menurut PM Israel Benjamin Netanyahu, partisipasi ini adalah bentuk “ekspresi kanaikan status Israel di mata dunia dan di kawasan [Arab].”

Menlu Israel menyatakan, negaranya menyambut “kesempatan untuk berbagi semangat inovasi dan kewirausahaan kami dan untuk menghadirkan inovasi dan teknologi perintis Israel di berbagai bidang seperti air, obat-obatan, dan teknologi informasi.”

Menurut pengakuan penyelenggara World Expo Dubai, mereka ingin mengundang “setiap negara di dunia tanpa kecuali,”  karena acara ini akan menjadi “acara yang benar-benar internasional.”

“Selama lebih dari 170 tahun, World Expo telah menjadi acara apolitis yang berfokus pada memajukan kemanusiaan untuk kebaikan bersama melalui inovasi, pertukaran budaya, kreativitas, dan kolaborasi. Kami bangga melanjutkan tradisi itu,” kata penyelenggara dalam sebuah pernyataan.

Selama ini, pemerintah Uni Emirat Arab belum secara resmi mengakui Israel sebagai negara. Namun, pada bulan Maret lalu, menlu UEA Anwar Gargash menyerukan “perubahan strategis” dalam hubungan Israel-Arab, dan menyebut aksi pemboikotan Israel adalah “keputusan yang sangat, sangat salah.”

World Expo adalah acara besar yang berlangsung berbulan-bulan. Acara ini pertama kali diadakan di London pada tahun 1851. Sejak 1928, World Expo telah diatur oleh International Bureau of Expositions (BIE) dengan 170 negara anggota, termasuk Kanada, Australia, India, dan Irak.

World Expo 2010 di Shanghai menarik 73 juta pengunjung, sementara Expo 2015 di Milan menarik sekitar 21 juta. Dubai berharap, perhelatan di negara mereka dapat menarik sekitar 25 juta pengunjung antara Oktober 2020 sampai April 2021. (ra/sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*