Peringatan Asyuro di Bandung (foto:majulah-ijabi.org)

Peringatan Asyuro di Bandung (foto:majulah-ijabi.org)

Jakarta, LiputanIslam.com–Berbeda dengan tahun lalu, peringatan Asyura oleh umat Syiah Indonesia tahun ini berjalan lancar. Di Jakarta, acara peringatan atas gugurnya cucu Nabi Muhammad SAW, Husain bin Ali bin Abi Thalib, diselenggarakan di Balai Sudirman Jalan Dr. Soepomo. Sementara di Bandung, acara digelar di ruang pertemuan mal Lucky Square, Jalan Terusan Jakarta. Bila tahun lalu acara serupa diganggu oleh ratusan pendemo yang membawa bendera ISIS, kali ini acara berjalan tertib dengan dukungan keamanan dari Pemkot dan Polri.

“Acara berjalan aman, tertib dan lancar sejak awal hingga akhir di bawah pengawalan polisi,” kata Ketua Umum Tanfidziyah PP IJABI Syamsuddin B melalui surat elektronik, seperti dikutip Metronews, Selasa (4/11/2014) malam.

Acara Asyura di Jakarta diselenggarakan Senin (3/11) siang, sedangkan Asyura di Bandung diselenggarakan pada Senin (3/11) malam. Di penghujung acara sempat datang sekelompok orang yang mengaku anggota ormas Pembela Ahlu Sunnah (PAS) yang kemudian bergerombol di depan gedung. Puluhan orang anggota PAS itu kemudian diminta membubarkan diri oleh polisi.

“Mereka hanya bergerombol di depan lokasi acara, di bawah pengawasan aparat kepolisian. Tidak ada kejadian pembubaran acara Asyura, baik oleh massa pendemo maupun aparat kepolisian. Jamaah acara Asyura keluar dengan tertib dari lokasi setelah acara berakhir tak lama setelah kedatangan massa pendemo,” papar Syamsuddin. (baca: Peringatan Asyura di Karbala Aman, Dihadiri 6,5 Juta Peziarah)

Pemkot Bandung Mendukung

Suasana damai peringatan Asyura kali ini agaknya juga berkat dukungan pemerintah. Di Bandung, Wakil Wali Kota, Odded M. Danial, telah meminta berbagai kalangan Muslim untuk tetapi menghormati perayaan keagamaan Jemaah Syiah. Ia mengatakan pemerintah tetap mendukung seluruh hak warganya dalam menggelar acara yang melibatkan peserta dalam jumlah banyak.

Hal ini ditegaskan Odded terkait peringatan Asyura yang difasilitasi Ikatan Jemaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI).

“Baik dari pihak kelompok Syiah sendiri tidak melakukan hal-hal yang sifatnya memancing masalah, itu yang pertama. Juga kepada teman- teman kaum Muslimin lainnya yang kemungkinan akan menentang itu diharapkan mereka juga senantiasa menjaga ketertiban bersama. Jangan sampai di Bandung ini terjadi hal- hal yang tidak diinginkan,” ujarnya di Balai Kota, Bandung, seperti dikutip portalkbr, Senin (3/11).

Untuk mengamankan acara ini, Kepolisian Kota Bandung akan menjaga lokasi acara di di dua lokasi yakni di Jalan Terusan Jakarta dan Jalan Kembar VI. Baik di Bandung maupun Jakarta, acara peringatan ini dihadiri oleh ribuan umat Syiah Indonesia yang umumnya mengenakan pakaian hitam-hitam tanda duka cita. (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL