ulama wahabi pakistanIslamabad, LiputanIslam.com — Seorang ulama wahabi Pakistan dijatuhi hukuman penjara selama 6 bulan setelah dinyatakan bersalah telah menghina kaum Shiah. Demikian kantor berita Press TV melaporkan, Rabu (7/10).

Mufti Tanveer Alam Farooqi, diadili oleh pengadilan kota Rawalpindi di dekat ibukota Pakistan, Islamabad pada hari Senin. Ia dinyatakan terbukti melakukana tindakan dan ceramah yang berisi hasutan untuk menanamkan kebencian terhadap kaum Shiah.

“Ia divonis penjara enam bulan dan denda 50.000 rupee (sekitar Rp 7 juta),” demikian media-media lokal melansir pernyataan pejabat keamanan setempat.

Dakwaan lain yang disematkan kepadanya adalah kepemilikan senjata ilegal.

Farooqi dikenal memiliki hubungan dekat dengan kelompok ekstremis Lashkar-e-Jhangvi (LeJ) yang terlibat dalam sejumlah aksi serangan terhadap komunitas Shiah Pakistan. Pada bulan Juli lalu pemimpin kelompok LeJ group, bersama dengan 13 anak buahnya tewas dalam aksi tembak-menembak dengan polisi di Provinsi Punjab.

Press TV melaporkan kelompok-kelompok ekstremis dan teroris yang melakukan aksi-aksi anti Shiah itu didanai oleh Saudi Arabia. Kelompok itu juga terlibat dalam aksi teroris terhadap Pusat Kebudayaan Iran di Multan, pembunuhan terhadap diplomat Iran Sadiq Ganji di Lahore, serta pembunuhan terhadap kadet-kadet pilot Iran yang tengah berkunjung ke Pakistan.

Para aktifis HAM telah berulangkali mendesak pemerintah Pakistan untuk menindak tegas terhadap kelompok-kelompok yang sering melakukan serangan terhadap orang-orang Shiah. Mereka menganggap pemerintah kurang serius dalam hal ini.

Shiah merupakan salah satu mazhab utama di Pakistan dengan jumlah penganut mencapai sepertiga dari penduduk Pakistan yang berjumlah lebih dari 180 juta jiwa. Ribuan warga Shiah Pakistan telah tewas akibat aksi-aksi kekerasan yang dilakukan para ekstremis Sunni.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL