su25Kiev, LiputanIslam.com — Ukraina menuduh Rusia telah menembak jatuh pesawat tempur miliknya saat beroperasi di wilayah udara Ukraina .

Andriy Lysenko, jubir Dewan Keamanan dan Pertahanan Ukriana mengumumkan, pesawat serbu Su-25 Ukraina ditembak jatuh, Rabu malam (16/7). Demikian laporan BBC, Kamis (17/7).

Pada hari yang sama kelompok militan separatis juga mengklaim telah menembak jatuh 2 pesawat Su-25.  Sementara sebuah video yang diunggah di jejaring sosial hari Rabu memperlihatkan sebuah pesawat tempur ditembak jatuh di wilayah Luhansk.

Kelompok separatis mengklaim menembak jatuh pesawat tempur Ukraina tersebut dalam pertempuran di pos perbatasan Marinivka. Demikian klaim komandan separatis Igor “Strelkov” Girkin.

Sebelumnya Ukraina juga menuduh Rusia telah menembak jatuh sebuah pesawat pengangkut militer An-26 di dekat perbatasan pada hari Senin (14/7). Dalam peristiwa ini 4 orang dari awak pesawat berhasil menyelamatkan diri, namun 2 orang ditangkap kelompok separatis sementara 2 awak lainnya dinyatakan hilang.

Ukraina berdalih bahwa pesawat-pesawat yang ditembak itu tidak mungkin ditembak dengan menggunakan rudal portabel karena ketinggiannya tidak terjangkau oleh rudal-rudal itu. Rusia-lah yang memiliki kemampuan menembak pesawat-pesawat itu.

Sementara itu Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam sanksi-sanksi baru yang diterapkan AS terhadap Rusia. Ia menyebut langkah itu akan menghancurkan hubungan kedua negara terutama hubungan bisnis.

AS dan Uni Eropa secara bersamaan menerapkan sanksi baru terhadap Rusia karena dianggap membantu kelompok separatis Ukraina.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL