pasukan asing ukrainaMoskow, LiputanIslam.com — Media Rusia Ren-TV mengklaim memiliki bukti-bukti keberadaan tentara bayaran asing yang bertempur di pihak pemerintah Ukraina. Menurut media tersebut, pasukan asing dari Swedia, Polandia, Inggris, dan Italia turut bertempur di medan perang Ukraina melawan pasukan separatis. Demikian seperti dilansir kantor berita TASS, Minggu (1/2).

Ren-TV dalam siaran khususnya Minggu malam melaporkan bahwa bukti-bukti kuat telah didapatkannya yang menunjukkan tentara bayaran dari perusahaan-perusahaan “jasa keamanan” telah bertempur bersama pasukan Ukraina.

Pemimpin kelompok ultra nasionalis Polandia “Falanga”,  Bartosz Bekier, mengatakan kepada Ren-TV bahwa banyak warga Polandia yang bertempur di Ukraina.

“Banyak orang Polandia bertempur di pihak Kiev, ini benar. Mereka pergi ke Ukraina untuk bergabung dengan korp sukarelawan sebagai pribadi. Namun pemerintah Polandia tidak akan mengakuinya,” kata Bekier.

Sementara itu Francesco Falkone, seorang tentara bayaran dari Italia, mengatakan kepada Ren-TV bahwa dirinya berperang di pihak pemerintah Ukraina untuk membalas dendam kematian kakeknya dalam Perang Dunia II.

“Pada bulan Agustus lalu kami dibayar 300 dollar. Sekarang kami dibayar 200 dollar per-bulan, seperti polisi-polisi lokal,” kata Falkone.

Ukraina juga dituduh telah mengerahkan pasukan khusus yang ditugaskan untuk menghalang-halangi prajurit yang hendak melarikan diri dari medan perang. Demikian klaim kelompok separatis Republik Rakyat Donetsk (DPR) seperti dilansir thetruthseeker.co.uk minggu lalu.

Menteri Pertahanan DPR Eduard Basurin mengatakan kepada Donetsk News Agency bahwa “Unit-unit anti-mundur dari batalion-batalion pertahanan terotorial telah dikerahkan untuk mencegah pasukan Ukraina mundur.”

Pernyataan tersebut setelah dilakukan interogasi terhadap sejumlah pasukan Ukraina yang menyerah. Menurut Basurin lebih dari 70 pasukan Ukraina telah menyerahkan diri kepada DPR sejak tanggal 9 Januari lalu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL