bangkai pesawatKiev, LiputanIslam.com — Ratusan orang berkumpul di Lapangan Kemerdekaan, Kiev, hari Minggu (15/6), untuk menghormati korban-korban yang tewas dalam konflik di Ukraina timur, termasuk 49 personil militer yang tewas dalam penembakan pesawat pengangkut militer di Luhansk pekan lalu.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko didampingi PM Arseniy Yatsenyuk memimpin upacara penghormatan terhadap para korban setelah sebelumnya mengumumkan hari Minggu sebagai Hari Duka Nasional.

“Kita menundukkan kepala untuk para pahlawan yang gugur demi membela negara, untuk mencegah perang merambat ke rumah-rumah kita,” kata Arseniy Yatsenyuk dalam pidatonya.

“Pertama kita akan memberi penghormatan kepada para pahlawan dengan menyapu bersih mereka yang telah membunuh mereka (pahlawan) dan kemudian membersihkan negeri ini dari para penjahat itu,” tambah Yatsenyuk.

Dalam peristiwa terberat yang dialami Ukraina selama konflik di bagian timur negeri itu, Sabtu (14/6), sebuah pesawat pengangkut militer  Ilyushin-76 yang mengangkut personil pasukan penerjun dan perlengkapan militer ditembak jatuh oleh para milisi separatis di bandara Luhansk. 49 personil militer di dalam pesawat tersebut tewas seketika.

“Semua yang terlibat dalam tindakan keji itu harus dihukum,” kata Poroshenko sebagaimana dikutip kantor berita Ukraina Ukrinform.

“Ukraina menginginkan perdamaian. Namun para teroris harus menerima balasan setimpal,” tambahnya.

Pada hari yang sama, Sabtu (14/6), Ukrinform juga melaporkan sebanyak 3 prajurit Ukraina tewas dalam pertempuran dekat kota pelabuhan Mariupol.

Menanggapi penembakan pesawat Ukraina tersebut dikabarkan Presiden Perancis Francois Hollande dan Kenselir Jerman Angela Merkel telah mengontak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membicarakan insiden tersebut.

Selama ini Rusia dianggap turut bertanggungjawab atas penembakan tersebut dengan mengirim persenjataan yang digunakan para milisi separatis.

Presiden Perancis dalam pernyataannya setelah insiden penembakan pesawat itu menyerukan dilakukannya gencatan senjata di wilayah Ukraina timur dan penghentian pasokan senjata dan pasukan melalui perbatasan Rusia.(ca/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL