North Korea moves missile laiunchersPyongyang, LiputanIslam.com — Korut baru saja menggelar ujicoba rudal-rudal terbarunya dengan klaim yang sangat positif. Namun AS meragukan klaim tersebut.

Sebagaimana dilaporkan CNN dengan mengutip kantor berita Korut KCNA, Jumat (27/6)pemimpin Korut Kim Jong Un baru saja sukses memimpin ujicoba rudal-rudal taktis dengan akurasi tinggi.

“Di pos pusat monitor, ia mempelajari sendiri informasi-informasi taktis dan teknologis tentang rudal-rudal canggih terbaru, sebelum memberi perintah untuk menembakkannya,” tulis CNN dengan mengutip KCNA.

“Tidak lama kemudian, rudal-rudal itu pun membelah angkasa gengan suara gemuruh,” tambah CNN lagi.

Menurut AS dan Korsel yang memantau peluncuran, Korut meluncurkan 3 rudal dari wilayah pantai tenggara.

Namun pejabat-pejabat AS terkesan meremahkan ujicoba tersebut.

“Tidak ada indikasi tentang teknologi Korut yang baru,” kata seorang pejabat AS.

Militer AS dan Korsel yang memonitor percobaan Korut itu menganggap peluncuran itu tidak terlalu berarti.

“Menurut saya, kita terlalu peduli ketika Korut meluncurkan rudal-rudalnya,” kata jubir kemenlu AS Marie Harf seraya menembahkan bahwa AS terus memantau dan menganalisis untuk memastikan jenis rudal apa yang diluncurkan Korut tersebut.

Sementara itu Kim Min-seok, jubir militer Korsel mengatakan bahwa yang diluncurkan Korut merupakan pengembangan terbaru rudal Korut yang sudah ada sebelumnya. Tambahan teknologi rudal tersebut adalah daya jangkau yang lebih jauh dan teknologi pemandunya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL