Indonesia-physical-map-590x300mcYogyakarta, LiputanIslam.com — Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Ikatan Geograf Indonesia (IGI) dan Badan Informasi Geografi (BIG) merilis program Melek Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Program itu ditujukan untuk memperkuat nasionalisme masyarakat dengan memberikan bantuan peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke berbagai sekolah di wilayah Indonesia,” kata Ketua Ikatan Geograf Indonesia (IGI) Suratman di Yogyakarta, Jumat (6/6).

Menurut dia, selama tahun 2014 akan disebarkan 5.000 peta Indonesia ke sejumlah sekolah di kabupaten dan kota di berbagai daerah Indonesia.

“Target besarnya akan ada 40 ribu peta lagi yang akan diberikan hingga 2016. Peta yang diberikan adalah peta resmi dan berkekuatan hukum yang dikeluarkan oleh Badan Informasi Geografi (BIG),” katanya.

Ia mengatakan nanti peta Indonesia itu akan disebarkan ke berbagai sekolah dari tingkat SD hingga SMA. Melalui program tersebut diharapkan mampu membangun rasa nasionalisme generasi muda dan masyarakat.

“Saat ini jarang ditemukan peta di sekolah maupun institusi pemerintahan, sehingga penting membangun roh nasionalisme melalui peta,” katanya.

Dengan demikian, kata dia, sekolah diharapkan terus mendengungkan pembelajaran peta NKRI kepada para siswa agar melek terhadap NKRI sebagai kekuatan pembangunan bangsa.

Menurut dia, pelaksanaan penyebaran peta itu melibatkan mahasiswa melalui kegiatan kuliah kerja nyata (KKN).

“Selain membantu penyebarluasan peta, mahasiswa juga akan dilibatkan untuk melakukan pendampingan pembelajaran peta kepada pelajar,” kata Suratman yang juga Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat UGM.(ca/ant)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL