Air And Sea Search For MH370 Continues Off Australian CoastKualalumpur, LiputanIslam.com — Malaysia telah menyatakan rasa terima kasih kepada Uni Emirat Arab (UEA) atas bantuan yang diberikan dalam misi pencarian dan penyelamatan (SAR) untuk menemukan pesawat MH370.

Wakil Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin mengambil kesempatan untuk menyampaikan rasa terima kasihnya untuk negara UEA saat menghadiri Rapat Investasi Ke-4 (AIM) di Dubai Convention and Exhibition Centre, Selasa (8/4).

“Izinkan saya sejenak untuk berbicara atas nama pemerintah dan rakyat Malaysia untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada Uni Emirat Arab, atas bantuan dalam upaya pencarian dan penyelamatan pesawat MH370,” katanya seperti dikutip Bernama.

UAE telah mengirim dua pesawat untuk membantu dalam operasi pencarian pesawat Boeing 777 – 200ER yang hilang dan membawa 227 penumpang dan 12 awak ketika meninggalkan Bandara Internasional KL pukul 00.41 (waktu setempat) pada tanggal 8 Maret lalu.

Dalam acara AIM, lebih dari 100 negara hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Ekonomi UEA di bawah perlindungan Wakil Presiden dan Perdana Menteri UAE, Sheikh Mohammed Rashid Al Maktoum.

Malaysia Harapkan Kebenaran
Sementara itu Menteri Transportasi Malaysia, Hishammuddin Hussein mengatakan bahwa penyelidikan pesawat MH370 yang memasuki bulan kedua akan diteruskan untuk mengungkap kebenaran yang terjadi.

Pada bulan kedua ini, fokus pencarian masih pada kotak hitam yang menjadi ujung tombak dalam mengungkap kebenaran. Rencananya jika kotak hitam ditemukan, para ahli dari sejumlah negara yang tergabung dalam tim pencari akan langsung menganalisa informasi di dalamnya.

“Tidak hanya untuk mendapatkan kotak hitam. Tetapi juga ingin mencari tahu sebenarnya yang terjadi dengan pesawat,” katanya kepada Straits Times dalam sebuah wawancara pada hari Selasa (8/4) di Kuala Lumpur.

Saat Hishammuddin ditanya mengenai apakah Malaysia senang dengan investigasi yang dilakukan oleh Australia dan jika ternyata kotak hitam tak bisa ditemukan. Sang menteri hanya menjawab, “Tidak masalah.”(ca/republika.co.id)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*