turkiopposnewspaperIstanbul, LiputanIslam.com—Polisi Turki  menahan pemimpin dari koran berita oposisi, Cumhuriyet, yang dituduh memiliki hubungan dengan Fethullah Gulen, dan Partai Buruh Kurdistan (PKK).

Akin Atalay, kepala kantor berita itu, ditangkap di Bandara Internasional Ataturk, Istanbul, pada Jumat (1/11/16). Atalay baru saja pulang dari Jerman di mana ia mengikuti acara penghormatan aktor dan produser Turki, Tarik Akan.

Cumhuriyet melaporkan bahwa polisi Istanbul telah mencari Atalay sejak minggu lalu, namun polisi tidak dapat menemukan Atalay di rumahnya.

Laporan terbaru menyebutkan sembilan jurnalis dan eksekutif dari kantor berita tersebut juga telah ditahan sejak minggu lalu. Beberapa di antaranya adalah Murat Sabuncu, editor berita, Musa Kart, kartunis, dan seorang karyawan bernama Ahmet Kadri Gursel.

Pada awal tahun ini, mantan kepala editor Cumhuriyet, Can Dundar, terbang ke Jerman setelah pengadilan Turki menuntutnya 5 tahun dan 10 bulan penjara  karena mengungkapkan truk-truk Turkish  National Intelligence Organization (MIT) yang membawa 1,000 peluru, ribuan granat, dan lebih dari 80,000 senjata kepada kelompok teroris takfiri di Suriah pada 29 Mei 2015. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL