turkis_air_force_f16Ankara, LiputanIslam.com — Turki menembak jatuh satu pesawat terbang Suriah saat tengah melakukan serangan terhadap pemberontak di perbatasan kedua negara, hari Minggu (23/3). Suriah menuduh Turki melakukan pelanggaran nyata terhadap kedaulatan Suriah, sementara Turki menyebutnya sebagai tindakan bela diri.

“Reaksi kami sejak ini adalah tindakan keras jika And melanggar wilayah udara kami. Saya ucapkan selamat kepada komando militer, angkatan perang dan para pilot yang terhormat. Saya ucapkana selamat kepada angkatan udara,” kata PM Erdogan dalam pidato kampanye, Minggu (23/3), menanggapi insiden penembakan tersebut.

Media-media Turki hari Minggu menyebutkan bahwa Turki telah memperingatkan 2 pesawat udara Suriah yang terbang di perbatasan untuk menjauh. Namun satu pesawat Suriah menolak peringatan tersebut, sehingga Turki mengirim beberapa pesawat F-16-nya untuk mengejar pesawat tersebut, dan menembaknya jatuh.

Syrian Observatory for Human Rights, kelompok pengamat konflik Suriah yang berbasis di Inggris mengatakan bahwa pesawat Suriah tersebut tengah melakukan misi militer di Provinsi Latakia saat tertembak dan jatuh di wilayah Suriah.

Turki melakukan pengawasan ketat terhadap wilayah udaranya dari pesawat-pesawat Suriah, setelah negara tersebut menembak jatuh pesawat tempur Turki pada Juni 2012. Sejak itu Turki menganggap setiap pesawat udara Suriah yang mendekati perbatasan dianggap sebagai ancaman.

Erdogan, dalam pidato tersebut di atas menyebut pesawat Suriah telah melanggar wilayah udara Turki. Namun Suriah menganggap aksi tersebut sebagai “agresi”.

“Dalam satu tindakan agresi yang nyata dari Erdogan yang mendukung kelompok-kelompok teroris, pesawat terbang Turki menembak jatuh pesawat militer Suriah yang tengah mengejar para teroris di wilayah Suriah di Kasab,” sebut sumber militer Suriah.

Sebelum adanya konfirmasi dari Erdogan, masih belum jelas siapa yang menembak pesawat Suriah tersebut, namun para saksi mata menyebutkan tembakan berasal dari wilayah Turki. Media-media Turki awalnya menuduh pemberontak Suriah-lah yang telah menembak jatuh. Namun televisi Hizbollah Lebanon, Almanar menyebutkan 2 roket telah ditembakkan dari wilayah Turki.(ca/Voice of Russia/ Reuters/AFP/almanar)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL