twitter turkiAnkara, LiputanIslam.com — Turki resmi mencabut larangan Twitter di negaranya setelah hampir dua minggu diblokir. Otoritas telekomunikasi Tukri akhirnya mengembalikan akses setelah Mahkamah Konstitusi pada hari Kamis (3/4) memutuskan bahwa pemblokiran itu melanggar kebebasan berekspresi.

“Larangan itu telah dicabut,” kata pernyataan resmi dari kantor Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan, seperti dilansir Reuters.

Harian Gazette menulis, pencabutan ini sudah dipertimbangkan sejak Rabu lalu. Pejabat resmi menilai terlalu banyak tekanan pada otoritas telekomunikasi setelah mengeluarkan larangan tersebut. Belum lagi mereka juga mendapat kecaman secara global dari berbagai dunia.

Beberapa menit setelah akses pulih, Twitter langsung ramai lagi. Bahkan seorang analis internet Turki mengatakan terjadi lonjakan yang signifikan sejak media sosial itu diblokir pada 21 Maret 2014. Namun, kebanyakan kicauan justru melayangkan aksi protes kepada Erdogan terkait pemblokiran Twitter.

Sementara Twitter sudah bisa diakses, YouTube dan Google masih offline di negara tersebut. Proses hukum pada larangan kedua portal terbesar itu masih tertunda.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*