mobil iranTunis, LiputanIslam.com — Dubes Tunisia untuk Iran mengatakan bahwa negaranya tengah merencanakan untuk mengimpor mobil-mobil buatan Iran. Demikian seperti dilaporkan kantor berita Tasnim yang dilansir Press TV, Senin (4/4).

“Tunisia mengimpor 50.000 mobil setiap tahun dan merencanakan akan mengimpor mobil-mobil dari Iran. Kami telah memeriksa mobil-mobil Iran dan menandatangani kerjasama teknis dengan Iran dalam hal ini,” kata Dubes Tunisia Qazi bin Salih.

Industri otomotif merupakan sektor non-migas terbesar Iran yang menyumbang sekitar 10% GDP Iran. Data terakhir menunjukkan Iran menempati urutan ke-18 produsen mobil di dunia, demikian Press TV menyebutkan.

Pernyataan Salih itu dilakukan setelah ia bertemu dengan Direktur Badan Promosi Perdagangan Iran di Tehran. Ia  menyebutkan bahwa Iran merupakan satu-satunya negara yang telah membentuk ‘Komisi Bersama Perdagangan Ekonomi’ dengan Tunisia, dan bahwa perdagangan kedua negara akan meningkat pesat dalam waktu dekat.

Selain itu Salih juga menyebutkan bahwa perbankan Tunisia tertarik untuk membentuk kerjasama dengan bank-bank Iran dalam memfasilitasi kerjasama perdagangan kedua negara.

Untuk merealisasikan rencana itu sebuah delegasi perdagangan Tunisia direncanakan akan datang ke Iran tahun ini. Kedua pihak juga telah mendiskusikan cara-cara untuk mempercepat kerjasama ekonomi dan perdagangan kedua negara.

Sementara itu Direktur Badan Promosi Perdagangan Iran mengatakan bahwa Iran selalu berusaha meningkatkan kerjasama dengan negara-negara lain.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL