Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump dilaporkan menyarankan untuk menarik negaranya dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Trump, yang merupakan pengkritik keras WTO, telah berkali-kali membicarakan hal ini kepada para pensihatnya. Laporan ini disebutkan oleh media Axios pada Jumat (29/6/18).

“Dia [mengancam untuk mundur dari WTO] sebanyak 100 kali.  Itu akan benar-benar [mengancurkan] negara kita,” kata sumber dari Gedung Putih kepada Axios.

Menurut sumber, Trump mengatakan bahwa “Kita selalu di dihancurkan oleh mereka [WTO]. Saya tidak paham kenapa kita masuk di sana. WTO didesain oleh seluruh dunia untuk menghancurkan AS.”

Meskipin begitu, Trump menyangkal berita tersebut ketika ditanya oleh wartawan.

“Saya tidak pernah berbicara tentang keluar [dari WTO],” katanya.

Trump diketahui merupakan pengkritik keras WTO sejak masa kampanye. Dia pernah mengatakan kepada NBC bahwa WTO adalah “bencana”.

Sementara itu, menanggapi berita ini, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menilai laporan tersebut ”terlalu berlebihan.”

Mnuchin mengatakan, sang presiden memang “punya kekhawatiran tentang WTO. Dia berpikir ada aspek-aspek yang tidak adil.”

Menurutnya, Trump menilai bahwa “Cina dan negara lainnya telah menggunakan [WTO] untuk keuntungan pribadi, tapi kami berfokus kepada perdagangan bebas.”

Trump akan membutuhkan persetujuan kongres untuk menarik AS dari organisasi ini, yang menurut banyak pihak tak akan terjadi.

Langkah semacam ini akan melemahkan legitimasi WTO, menghapus ekonomi terbesar dalam organisasi tersebut, dan memicu kemungkinan negara-negara dunia berhenti mengikuti sistem peraturan perdagangan yang dibuat oleh komunitas internasional. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*