MladicICTY16052012The Haque, liputanislam.com — Ratko Mladic, mantan komandan tentara Serbia-Bosnia yang dikenal dengan julukan “Tukang Jagal Bosnis”, muncul di persidangan HAM internasional di Belgia (The Haque) sebagai saksi atas kasus kejahatan kemanusiaan dengan terdakwa Radovan Karadzic, Rabu (29/1). Namun Mladic menolak memberikan kesaksian dengan dalih bahwa pengadilan yang menyidangkan Karadzic adalah “pengadilan setan”.

Karadzic merupakan atasan Mladic selama berlangsungnya Perang Bosnis pada dekade 1990-an. Keduanya dituduh sebagai pelaku utama pembersihan etnis terhadap warga muslim Bosnia selama konflik berlangsung. Kehadiran Mladic dalam pengadilan Karadzic merupakan pertemuan pertama mereka di hadapan publik sejak berakhirnya konflik Bosnis.

Rodovan Karadzic tengah menghadapi 11 tuduhan termasuk pembersihan etnis di Sebrenica, Bosnia tahun 1995, ketika pasukan Serbia-Bosnia (orang-orang Serbia yang tinggal di Bosnia) membunuh ribuan penduduk kota Sebrenica yang kala itu berada di bawah perlindungan pasukan keamanan PBB asal Belanda.

“Ini adalah pengadilan Setan yang telah mendakwa kami, orang-orang Serbia, karena kami membela rakyat kami dari Anda semua,” kata Mladic di depan sidang.

Karadzic ditangkap di Belgrade pada tahun 2008 setelah buron selama 13 tahun. Sedangkan Mladic ditangkap tahun 2011 setelah buron selama 16 tahun. Baik Mladic maupun Karadzic dianggap sebagai penanggungjawab utama kejahatan kemanusiaan di Bosnia yang telah menewaskan lebih dari 100 ribu jiwa selama konflik di Bosnia. (ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL